Sunday, May 20, 2012

Short Code (Kode Singkat) Listrik Pintar

Listrik pintar dilengkapi kode singkat untuk mepermudah pelanggan PLN dalam menikmati energi listrik. Kode singkat adalah kode-kode standar  yang digunakan untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan dari meter listrik pintar ini. Berikut adalah beberapa contoh kode singkat yang umum digunakan untuk pelanggan.


      1. 03   :  Informasi jumlah energi listrik yang masih tersisa (kWH)
      2. 05   :  Informasi tarif index adalah angka yang merupakan index daya kontrak yang dilayani PLN misal 1 untuk daya 450VA, 2 untuk daya 900VA 3 untuk daya 1300VA dan seterusnya.
      3. 07   :  Informasi power limit (batas daya) meter listrik pintar dilengkapi relay internal yang memungkinkan meter trip apa bila pelanggan menggunakan daya melebihi kontrak. Settingan batas daya ditentukan oleh PLN sesuai daya kontrak dengan pelanggan.
      4. 38   :  Informasi total energi listrik yang  sudah diterpakai selama ini (kWH)
      5. 39   :  Informasi daya saat ini (Watt)
      6. 40   :  Informasi tegangan saat ini (Volt)
      7. 41   :  Informasi arus saat ini (Ampere)
      8. 48   :  Informasi energy listrik yang dimasukan sebelumnya (kWH)
Hal-hal umum penggunaan kode singkat:
  1. Pelanggan telah membeli token tetapi token tidak dapat dimasukan kedalam meter listrik pintar. Hal pertama yang dilakukan adalah mengecek tarif index pada meter (05) apabila tarif index tidak sesuai dengan daya kontrak maka hubungi petugas PLN untuk memasukan tarif index yang sesuai kontrak.
  2. Pelanggan merasa tengangan listrik yang digunakan tidak normal. Hal pertama yang dilakukan mengecek tegangan (40) tegangan standard yang diberikan PLN adalah +5 -10% dari teganggan standard 220VAC apabila tegangan yang diterima tidak standard segera hubungi petugas PLN
  3. Pelanggan merasa meteran sering trip. Maka yang perlu dicek adalah power limit (07) bandingkan dengan daya kontrak apabila nilainya sesuai daya kontrak (tidak dibawah daya kontrak) maka selanjutnya cek pemakaian (39) apabila beban memang melebihi daya kontrak maka kurangi pemakaian, apabila masih dibawah daya kontrak maka hubungi petugas PLN untuk pengecekan meteran.




No comments: